Selasa, 03 Oktober 2017

[STRUKTUR DATA] : Apa yang dimaksud Bahasa Pemrograman? Sebutkan 5 Bahasa Pemrograman yang paling Populer

Bahasa PemrogramanBahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.
  • Secara umum terdapat 4 kelompok Bahasa Pemrograman yaitu:
  • Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Dephi, Visual C)
  • High level (Seperti Pascal dan Basic),
  • Middle level (Seperti Bahasa C), dan
  • Low level (Seperti Bahasa Assembly).
Contoh 5 bahasa pemrograman yang sering digunakan :

1. Bahasa PASCAL
  • Bila bahasa-bahasa sebelumnya lahir di Amerika, maka bahasa PASCAL lahir di Eropa yaitu di Swiss oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematik dan philosophi terkenal pada abad 17 dari Prancis. Namanya diambil sebagai pengharggaan atas dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan. Sampai sekarang ada beberapa versi dari bahasa PASCAL diantaranya UCDS(University Of California at San Diego Pascal, Standard Pascal, MT + Pascal, dan Turbo Pascal.
2. Java
  • Java adalah pemrograman yang berorientasi Object, dan merupakan pengembangan dari pemrograman terstruktur C++. Java pertama kali diperkenalka oleh perusahaan SUN  Microsystem pada tahun 1995.
  • Pemrograman Java menjadi populer akhir-akhir ini, dan dipakai oleh rata-rata perguruan tinggi yang memiliki penjurusan ilmu komputer atau teknik informatika di seluruh Indonesia. Java populer karena mempunyai beberapa alasan diantaranya adalah :
  1. Menjadi bahasa pemrograman independest yang sangat powerful
  2. Dipakai Android sebagai basic language untuk aplikasinya
  3. Tools lebih modern
3. C
  • Bahasa pemrograman tertua ini sebenarnya masih populer saat ini. Karena C sendiri merupakan “kakek” atau “nenek moyang” dari bahasa pemrograman seperti Java, C++, C#, Perl dan Javascript.
  • Salah satu karakteristik dan keunggulan yang dimiliki oleh C adalah sangat powerful, stabil dan juga dipakai oleh rata-rata semua platform hardware saat ini. Bahkan, Phyton maupun PHP adalah interpretasi atau terjemahan dari Bahasa C.
4. C++
  • C++ adalah turunan dari bahasa C. Bahasa pemrograman sering dipakai oleh developer untuk membuat aplikasi desktop yang sangat powerful dan mempunyai fungsionalitas tinggi. Sebagai contoh adalah Adobe Software (Photoshop dll), Winamp, Firefox, Google Chrome, Corel Draw dan lain sebagainya.
5. PHP
  • Bahasa pemrograman PHP telah banyak dipakai untuk membuat aplikasi web yang sangat baik. Facebook, Twitter, Google, maupun WordPress masih memanfaatkan bahasa ini untuk menyokong aplikasi web nya.
6. Phython
  • merupakan bahasa pemrograman level tinggi sekelas Java yang dapat dipelajari oleh pemula karena strukturnya yang mudah dimengerti. Phython akhir-akhir ini mulai populer karena beberapa aplikasi web populer seperti Instagram maupun Pinterest memanfaatkannya untuk mendukung kestabilan server mereka. Phython juga sering dipakai oleh developer Linux untuk membuat beberapa aplikasi berbasis Open Source.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


BTemplates.com

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers